Dengan Semangat HUT RI Warga RT. 03 Lakukan Gotongroyong

Giri Maju | Andoranews : Dengan semangat HUT RI warga RT. 03 mengadakan gotongroyong pada Minggu (11/8/2024) pagi, kegiatan ini adalah ungkapan kebersamaan dan semangat dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke – 79.Dengan Semangat HUT RI Warga RT. 03 Lakukan Gotongroyong

Pada Minggu pagi itu, meskipun diiringi rinai hujan, terlihat antusias Warga RT. 03 Kejorongan Giri Maju Utara Nagari Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Duo dengan kebersamaan, tetap terpancar semangat kepedulian penuh kekeluargaan dalam melaksanakan gotong royong membangun Gapura HUT RI ke-79 di gerbang masuk Jalan Blok B serta menghiasinya dengan berbagai umbul-umbul warna -warni.

Demikian disampaikan oleh Zulfahendri, Ketua RT. 03 Kejorongan Giri Maju Utara, menurutnya kegiatan Gotongroyong ini selain sebagai kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan warganya, juga rangkaian agenda semangat kebersamaan dalam menyambut peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

“gotongroyong Ini rangkaian agenda kegiatan semangat dalam menyambut peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI,”terangnya.

Selain itu, Zulfahendri menambahkan, selama ini warganya secara rutin selalu melaksanakan gotongroyong, sebab kegiatan ini sangat penting dalam menjaga kekompakan dan persatuan di lingkungan warga, terutama komitmen warga yang selalu menjaga agar lingkungan RT. 03 tetap tertata bersih, indah dan asri.

“Kalau lingkungan Rt. kita selalu bersih dan nyaman, InsyaAllah, warga akan selalu sehat, apalagi warga RT 03 Giri Maju Utara selalu berkomitmen dalam menjaga kerukunan warga dan kebersihan lingkungannya, dengan tetap meningkatkan kepedulian dalam kebersamaan,” terang Zulfahendri.

Zulfahendri sebagai Ketua Rt. 03 Kejorongan Giri Maju Utara yang selalu aktif dan peduli terhadap warganya ini menyampaikan, sebulan yang lalu ia juga telah menghimbau dan mengajak warga RT. 03 untuk melakukan kegiatan membersihkan halaman rumah, terutama menata halaman depan rumah sepanjang jalan blok B dengan menanam potongan batang pinang yang di cat merah putih dan memasang bendera merah putih di setiap rumah warga.

“Kami Warga RT. 03 selalu bersama dan bersatu dalam setiap kegiatan, jadi bukan saat momen HUT Ri. ini saja, sebab hampir setiap akhir bulan warga selalu menciptakan kebersamaan dan kepedulian, dalam menjaga semangat gotongroyong untuk membangun rasa saling peduli dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik,” Terangnya.

Zulfahendri menambahkan, sejak satu bulan lalu, pihaknya bersama tokoh masyarakat telah mempersiapkan berbagai rangkaian kegiatan, seperti melakukan gotong royong, perbaikan akses jalan Blok B dan membersihkan parit dengan mengeluarkan sampah dan memanfaatkan material yang ada untuk penimbunan jalan.

Dalam setiap kegiatan gotongroyong, ibu-ibu khususnya PKK RT 03 selalu siap untuk tetap peduli, terutama saat mempersiapkan pembuatan taman Dasawisma dan pagar.

“Apalagi semua warga, saling membantu dalam menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, hal tersebut terbukti pada hari ini, di mana gotong royong yang dilakukan oleh warga RT. 03 Kejorongan Giri Maju Utara dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI Ke-79 ini, selain pemuda dan tokoh masyarakatnya yang bahu membahu, terlihat juga ibu-ibu ikut langsung berbaur memupuk rasa persaudaraan dalam kebersamaan, hingga menambah semangat warga dalam bergotongroyong,”terang Zulfahendri.

Sementara Jayasman yang didampingi oleh Ilham Hanafi sebagai tokoh masyarakat dan orang tua di Rt. 03 menyampaikan, dalam menyambut momen bersejarah ini, warga RT 03 Kejorongan Giri Maju Utara selalu memiliki semangat 45, terbukti sejak awal Agustus telah memasang bendera dan ornamen kemerdekaan di sekitar halaman rumahnya, terlebih lagi, semangat tersebut semakin tinggi saat bergotongroyong membangun Gapura HUT RI ke – 79 di gerbang RT 03.

“ternyata inilah yang menjadi simbol kebersamaan dalam keluarga besar di lingkungan RT 03 Kejorongan Giri Maju Utara Nagari Giri Maju, sebab selama ini telah terbukti kebersamaan dalam bergotongroyong dapat mempererat hubungan sosial antar warga, serta menghargai keindahan dari perbedaan yang ada. Konsep utama dari kegiatan ini adalah perbedaan itu indah,” tutur Jayasman.

Jayasman mengungkapkan, dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia yang ke 79 ini, mereka merasa bangga melihat seluruh generasi muda dan kaum ibu-ibu turut berpartisipasi dalam setiap gotongroyong, terutama ikut mempersiapkan konsumsi selama kegiatan berlangsung.

Menurutnya, kegiatan budaya gotongroyong yang telah lama terjaga di RT. 03 ini ternyata, mampu membangun kebersamaan, dan tingginya kepedulian dalam setiap momen kebersamaan dalam membersihkan lingkungan.

“seperti juga beberapa waktu lalu, semua warga berbaur tanpa terkecuali ikut bergotongroyong merehab jalan jalur blok B dan drainase yang semakin hari terlihat semakin parah keadaannya,” ungkap Jayasman.

Menurut Jayasman yang didampingi oleh Ilham Hanafi serta beberapa tokoh masyarakat lainnya menyampaikan, seharusnya pemerintah lebih peka terhadap kehidupan masyarakatnya, terutama keadaan jalan pemukiman maupun sapras yang ada di wilayah pemerintahan nya.

Pemerintah seharusnya memahami, kalau keadaan jalan yang baik tentu akan mendukung perkembangan pemukiman secara keseluruhan, terutana akan mempermudah pengangkutan hasil usaha warga termasuk pengangkutan material pembangunan, dan memperlancar transportasi aktifitas sehari – hari masyarakat, dan kalau sarana jalan sebagai jalur transportasi diperhatikan, tentu akan mampu menciptakan lingkungan yang nyaman dan asri serta kemajuan dan kesejahteraan rakyat tentu akan meningkat.

“untuk itu kami berharap, dan menghimbau agar pemerintah, khususnya instansi terkait, dapat memperhatikan keadaan jalan di daerah RT 03 Kejorongan Giri Maju Utara khususnya dan Nagari Giri Maju pada umumnya, termasuk penerangan jalan dan aspek lainnya, kami warga berharap adanya perhatian yang serius dari pemerintah, sebab bila ada perhatian dari pemerintah kabupaten untuk membangun jalan di pemukiman masyarakatnya, tentu hal tersebut dapat mendukung kesejahteraan, kenyamanan dan kemajuan masyarakat,” ujar Jayasman mewakili harapan warga RT. 03 Kejorongan Giri Maju Utara, Nagari Giri Maju.

(Zoelnasti)

Trending

- Advertisement -
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini