Nusantara Baru Indonesia Maju HUT RI ke-79 di Giri Maju

PASBAR | AndoraNews : Nusantara Baru Indonesia Maju HUT RI ke-79 di Giri Maju tahun 2024 terlihat semarak, hal ini terbukti telah terlihat sejak memasuki awal Agustus 2024 yang ditandai dengan berbagai rangkaian kegiatan.Nusantara Baru Indonesia Maju HUT RI ke-79 di Giri Maju

Antusiasme masyarakat Nagari Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Dua Kabupaten Pasaman Barat, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tak pernah surut dalam memeriahkan peringatan 17 Agustus.

Pada moment 17 Agustus 2024 ini, “Nusantara Baru Indonesia Maju” sebagai semangat baru dengan persatuan dan kesetaraan dalam mencapai kemajuan, yang mengandung makna persatuan Nusantara yang berprinsip pada nilai-nilai luhur bangsa, sejak lama sudah dimiliki oleh masyarakat Nagari Giri Maju yang selalu hidup berdampingan meskipun masyarakatnya terdiri dari berbagai berbagai suku bangsa yang ada di Nusantara ini.

Dengan semangat persatuan dan kebersamaan sebagai nilai budaya bangsa sudah terlihat di Nagari Giri Maju sejak dulunya sudah terbukti, hal itu akan terlihat dalam setiap berbagai momentum kegiatan yang ada di Nagari Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Terutama saat memeriahkan dan merayakan peringatan HUT RI ke 79 tahun 2024 yang jatuh pada hari Sabtu (17/08/2024) hari ini, semangat itu akan selalu tumbuh sebab setiap 17 Agustus bagi seluruh masyarakat Indonesia adalah merupakan momentum peringatan yang sarat sejarah.

Itu makanya, momentum tujubelasan bagi masyarakat Nagari Giri Maju merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu, hal ini terbukti sejak 1 Agustus 2024 bendera merah putih di setiap halaman rumah warga sudah berkibar, dan sepanjang jalan sudah tampak warna-warni umbul-umbul maupun lampu hias dan berbagai pernak pernik tujuh belasan, bahkan pintu gerbang setiap memasuki RT yang ada di Nagari Giri Maju sudah berdiri gapura.

Pemudanya aktif melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan antara lain,rangkaian lomba untuk anak-anak, termasuk juga berbagai lomba kebersihan lingkungan, sedangkan untuk kalangan pemuda juga ada berbagai turnament olah raga antar RT yang ada di nagari Giri Maju.

Bukan hanya itu, sebagai bukti kecintaan kepada tanah air, masyarakat juga melakukan giat kerja bakti bergotong-royong serentak seperti, membersihkan halaman pekarangan, saluran, dan fasilitas umum lainnya, kegiatan memeriahkan HUT RI ke 79 di Giri Maju, setiap tahunnya selalu di motori oleh pemuda dengan tetap melibatkan masyarakat secara bersama sama dan di fasilitasi oleh pemerintah Nagari.

Ungkapan dalam bentuk apresiasi semangat kemerdekaan, yang dituangkan melalui semarak gotong royong untuk menciptakan bersih lingkungan agar nampak lebih asri, rapih, indah, dan sehat, sesuai juga dengan semangat perayaaan HUT Kemerdekaan RI yang Ke-79 Tahun ini yakni, “NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU”.

Sementara sebelumnya, Pj. Wali Nagari Giri Maju, Ratna Sari yang didampingi oleh Ketua Bamus Giri Maju, Usnil Amri menyampaikan, semua berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-79 tahun 2024, telah diagendakan oleh Panitia Tingkat Nagari yang bekerja sama dengan Pemuda (Karang Taruna Nagari), TP PKK serta lembaga yang ada di Giri Maju lainnya, dengan tetap adanya support dari Pemerintah nagari termasuk Lembaga Badan Permusyawaratan Nagari (Bamus) secara bersama, sehingga semua kegiatan dapat berjalan meriah dan semarak serta sukses.

Ketua Bamus Nagari Giri Maju, Husnil Amri menambahkan, menurutnya kebersamaan dan gotong royong dalam setiap kegiatan yang ada di Giri Maju ini terutama dalam menyambut Dirgahayu RI Ke- 79 adalah merupakan budaya yang terus dijaga.

“kesuksesan ini merupakan kebersamaan dan gotong royong yang di motori oleh Karang Taruna Nagari termasuk pemuda -pemudi RT 01 sampai RT 10, serta masyarakat secara bersama sama yang intinya, menyambut semarak HUT RI melalui lingkungan bersih, rapih dan indah serta sehat,” terang Amri.

Upacara bendera Sabtu Pagi yang dipimipin oleh Pj. Wali Nagari Giri Maju tersebut juga ditandai dengan pelepasan balon merah putih ke angkasa biru secara bersama dengan seluruh masyarakat yang hadir, berlangsung khidmat dan berjalan sukses.

Pengibaran Merah Putih pagi itu dihadiri oleh Ketua Bamus Nagari (BPD), Usnil Amri beserta anggota, Pj. Wali Nagari beserta perangkatnya, Linmas, TP PKK Nagari, Kelompok Tani, KPS Maju dan KPS Makmur, tokoh masyarakat, pemuda, juga dihadiri oleh seluruh lembaga dan organisasi-organisasi kemasyarakatan seperti, FKPPI, HIPAKAD, GAPOKTAN dan KWT, serta Siswa-siswi Sekolah yang ada di Giri Maju, termasuk masyarakat Giri Maju dan undangan lainnya.

Puncak berbagai kegiatan tersebut ditutup dengan upacara penurunan bendera merah putih di lapangan bola kaki Giri Maju pada sore harinya Sabtu (17/09/2024).

(Zoelnasti)

Trending

- Advertisement -
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini