Kepala Kantor, Buka Manasik Haji Cilik se Pasaman Barat

Pasaman Barat | AndoraNews: Tumpah ruah murid TK (Taman Kanak-kanak) dari setiap kecamatan se Pasaman Barat, Kamis (3/10) mengikuti manasik haji cilik secara massal di lapangan hijau Jambak, Kecamatan Pasaman, Pasaman Barat.Kepala Kantor, Buka Manasik Haji Cilik se Pasaman Barat

Manasik haji cilik secara massal ini dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, dihadiri pejabat terkait, kepala bersama majelis guru TK se Pasaman Barat, orang tua murid bersama para undangan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, saat membuka kegiatan menyampaikan, haji merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan setiap umat Islam yang memiliki kemampuan, baik secara fisik, materi maupun kesehatan untuk menjalankannya.

Selain ibadah wajib bagi umat Islam,ulas Rali Tasman, ibadah haji juga sebagai salah satu dari rukun Islam yang lima. Karenanya berhaji adalah perintah Allah SWT yang diwajibkan kepada umat Nabi Muhammad SAW untuk melaksanakannya ke tanah suci, sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Manasik haji, merupakan sarana, metode atau cara memberikan bimbingan terhadap ilmu pengetahuan, wawasan, pengalaman berhaji dari pemateri, sesuai judul materi dan waktu yang ditentukan. Melalui manasik haji, setiap calon jemaah haji tahu, faham dan mengerti bagaimana tata cara melaksanakan perjalanan ibadah haji.

Pengetahuan berhaji yang diberikan para pemateri kepada setiap jemaah, ulasnya, mulai dari proses berangkat dari daerah, dalam perjalanan, selama melaksanakan rangkaian ibadah haji dan umrah, sampai kembalinya para jemaah dari tanah suci ke daerah masing-masing.

Praktik merupakan pola pendidikan yang sangat efektif bagi murid TK yang sedang tumbuh di usia emas. Karena itu, bimbingan manasik haji cilik kepada ratusan murid TK se Pasaman Barat, sebagai modal awal agar mereka tercurah fikiran dan rasa peduli untuk melakukan ibadah haji ke tanah suci.

Permohonan Simamora, orangtua murid, yang mengikuti kegiatan itu menyampaikan, dirinya bangga dilaksanakannya program manasik haji cilik bagi murid TK se Pasaman Barat, seperti yang dilaksanakan di lapangan hijau Jambak Kecamatan Pasaman hari ini (Kamis- red)

Secara umum, tambah Permohonan, setiap orang tua merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada kepala bersama pengasuh TK se Pasaman Barat. Kegiatan seperti ini, secara tidak langsung mengajak setiap orang tua agar mendaftarkan diri masing-masing untuk tercatat sebagai calon jemaah haji dari Pasaman Barat. (gmz)

Trending

- Advertisement -
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini