Nagari Giri Maju Melaksanakan Pencermatan Penggas

Pasbar | AndoraNews : Nagari Giri Maju melaksanakan kegiatan pencermatan penggalian gagasan tahun 2023 pada Kamis, (05/09/2024), bertempat di UPT BLK Pasbar.Nagari Giri Maju Melaksanakan Pencermatan Penggas

Pencermatan yang selain dihadiri oleh Pj. Wali Nagari dan seluruh perangkatnya, juga terlihat hadir Ketua Bamus Nagari Giri Maju beserta anggota, PD/PLD, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, Ketua RT 01 sampai RT 10, LPMN, PKK, Bidan Desa, Karang Taruna, Satlinmas dan Kader KPM, kader BKB, kader Posyandu serta Jorong Giri Maju Utara, jorong Giri Maju, jorong Giri Maju Selatan, tak ketinggalan tokoh masyarakat Giri Maju ini, berharsp akan menjadi salah satu acuan dasar pertimbangan pada pelaksanaan rencana pembangunan Nagari tahun 2025.

Pj. Wali Nagari Giri Maju, Ratna Sari saat membuka acara di dalam sambutannya menyampaikan, Pencermatan terhadap hasil Penggalian Gagasan Nagari Giri Maju Tahun 2023 ini merupakan tindak lanjut dari hasil pelaksanaan RKP Nagari yang belum tuntas terealisasi pada tahun berjalan. .

” Untuk itulah, penggalian gagasan pada tahun 2023 yang lalu, perlu kita lakukan kembali pencermatan melalui diskusi dan pengkajian ulang, agar program yang belum tuntas dan belum terlaksana, dapat kita cermati kembali sebagai skala prioritas yang akan di tuangkan pada musyawarah perencanaan RKP Nagari tahun 2025, hingga menjadi Rancangan RKP Nagari Giri Maju nantinya,” terang Ratna.

Menurutnya, kegiatan pencermatan ini juga merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan oleh Nagari bersama dengan Bamus dan masyarakat, agar dari pencermatan ini akan ada prioritas dan keselarasan arah kebijakan Perencanaan Pembangunan terhadap RKP Nagari yang akan dilaksanakan tahun berikutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bamus Nagari Giri Maju, Usil Amri, menurutnya tahapan dalam pencermatan ulang hasil penggalian gagasan yang telah dilakukan oleh Nagari pada tahun 2023 yang lalu, perlu dicermati kembali agar dapat sebagai Skala prioritas usulan rencana kegiatan pembangunan Nagari untuk 1 (satu) tahun anggaran berikutnya.

” mari kita laksanakan pencermatan ulang RKP Nagari secara bersama, dan sesuai dengan skala prioritas yang telah dilakukan pada Penggas tahun 2023 yang lalu,untuk itu, mana rencana kegiatan prioritas tahun berjalan dan untuk tahun berikutnya yang ada di RKP Nagari, mari kita cermati kesesuaian arah kebijakan rencana pembangunan Nagari yang belum tuntas, dengan peta strategi pencapaian SDGs Desa, yang termasuk pada daftar Prioritas Kegiatan RKP Nagari tahun berjalan yang belum terealisasi, agar masuk kembali pada daftar prioritas kegiatan RKP Nagari tahun berikutnya.

Akhirnya kegiatan pencermatan penggalian gagasan tahun 2023 agar dapat kembali dituangkan dalam daftar prioritas, diskusi dilaksanakan dengan membagi tiga kelompok yakni, kelompok pertama Kejorongan Giri Maju Utara yang terdiri dari RT. 01,02 dan 03, dipimpin oleh kepala Jorong Giri Maju Utara dan kelompok ke-dua Kejorongan Giri Maju yang terdiri dari RT. 04.05 dan RT 10, dipimpin oleh Kepala Jorong Giri Maju serta kelompok ke tiga Kejorongan Giri Maju Selatan yang terdiri dari RT. 06,07,08 dan RT. 09, dipimpin oleh Kepala Jorong Giri Maju Selatan.

Diskusi berjalan lancar, hingga dari masing- masing Kejorongan, sesuai dengan telah mempertimbangkan hasil pencermatan dan penjaringan pandangan pokok-pokok pikiran maupun aspirasi dari unsur masyarakat di tingkat RTnya, peserta akhirnya dapat menerima hasil pencermatan kelompok untuk dituangkan sebagai usulan rencana kegiatan pembangunan di Kejorongannya, agar dapat dijadikan sebagai unggulan dan skala prioritas ke dalam RKP dan format pagu Indikatif Nagari Giri Maju tahun 2025 mendatang.

(Zoelnasti)

Trending

- Advertisement -
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini