Warga Kedungdung Dilanda Kekeringan, Cemas Akan Kesehatan Anak

SAMPANG | AndoraNewsWarga Kampung Derbing, Desa Kedungdung, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, tengah menghadapi krisis air bersih yang telah berlangsung selama lima bulan akibat kemarau panjang.Warga Kedungdung Dilanda Kekeringan, Cemas Akan Kesehatan Anak

Berdasarkan keterangan warga, baik sungai maupun sumur di desa tersebut mulai mengering dalam beberapa bulan terakhir. Samsul Arifin (38), salah seorang warga, mengungkapkan bahwa kekeringan ini adalah masalah rutin yang selalu terjadi di desanya setiap musim kemarau tiba.

“Bahkan ketika musim hujan pun, kami kesulitan mendapatkan air bersih, apalagi saat kemarau seperti sekarang ini,” ujarnya kepada Metropaginews.com, Sabtu (12/10/2024).

Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, warga harus membeli air tangki dan melakukan perjalanan jauh. “Biasanya kami mengambil air dari sumur di Dusun Solon, Desa Pajarruen, yang jaraknya sekitar 3 sampai 4 kilometer dari rumah kami,” jelas Samsul.

Namun, selama lima bulan terakhir, sumur di daerah tersebut sudah mulai mengering dan tidak dapat lagi dimanfaatkan. Kekeringan yang terus berlanjut ini membuat warga semakin khawatir, terutama terhadap kesehatan anak-anak.

Samsul berharap dengan adanya perhatian dari pemerintah desa, pemerintah daerah, atau instansi terkait, bantuan air bersih dapat segera diberikan. “Minimal satu kali dalam seminggu, kami sangat membutuhkan distribusi air bersih untuk warga,” harapnya.

*redAnd

Trending

- Advertisement -
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini