Meningkatkan Minat Baca Sejak Usia Dini di Pulau Dewata, Program CSR PT Pertamina Retail Gandeng Universitas Udayana

Badung | AndoraNews: PT Pertamina Retail Gandeng Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Bali serta Dinas Pendidikan Kabupaten Badung menyerahkan bantuan program tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan (CSR) bidang pendidikan berupa program Literasi Membaca dan penyediaan Pojok Baca untuk 6 sekolah dasar negeri di Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali pada Rabu (21/6/2023).

Hal ini merupakan wujud kepedulian dalam rangka meningkatkan minat baca sejak dini khususnya pada anak-anak sekolah dasar di Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Komisaris PT. Pertamina Retail, Dr. Mualimin Abdi SH. MA, selaku Manager CSR dan SMEPP mengatakan, bahwa meningkatkan minat baca pada anak sangat perlu dan menjadi suatu keharusan.

“Kami tergugah melihat kondisi saat ini yang dimana masih ada anak yang sudah kelas 4 bahkan 6 SD masih belum dapat membaca dengan lancar, dan itu semua dikarenakan Kurangnya akses pada mereka untuk membaca.
Dan kami sadar betul bahwa membaca itu adalah jendela dunia, dimana dengan membaca kita
dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan,” katanya saat didampingi oleh Prof. Dr. Made Sri Satyawati selaku Dekan Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Udayana, usai pelaksanaan peresmian di SD No. 2 Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung, Bali, Selasa (21/6/2023).

Ditambahkan, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum.
Literasi adalah pintu masuk untuk mengetahui cerita dan fenomena tentang dunia.

“Kita tidak dapat memungkiri bahwa minat baca anak-anak di Indonesia, khususnya di Bali, masih tergolong sangat rendah. Padahal, membaca merupakan sebuah aktivitas maha penting untuk dilakukan agar dapat
meningkatkan wawasan dan kecerdasan generasi penerus bangsa ini, yaitu anak-anak kita,” tandasnya.
Oleh sebab itu, usaha menumbuhkan minat baca menjadi suatu hal yang krusial dalam proses pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertajuk ” Pojok Membaca dan Pelatihan Literasi Membaca” merupakan kegiatan kolaborasi yang dilaksanakan antara PT. Pertamina Retail dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana melalui Yayasan Kembali Sekolah.
“Kami mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi upaya nyata dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat baca anak-anak sehingga mereka dapat tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan sukses di masa depannya,” tegasnya.

Dalam acara ini PT. Pertamina Retail juga memberikan bantuan berupa 6 buah
paket Pojok Baca yang terdiri dari masing-masing 2 buah rak buku beserta buku bacaannya, 4 buah
bean bag, serta alas berupa rumput sintetis dan diserahkan ke 6 SD yakni SD No. 2 Kerobokan Kelod, SD No. 4 Kerobokan Kelod, SD No. 4 Kerobokan, SD No 1 Kerobokan, SD No. 5 Dalung, serta SD No. 1 Tibubeneng, Kabupaten Badung Bali.

Selain itu juga PT Pertamina Retail menggandeng Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana untuk berkolaborasi dalam menjalankan program ini, dimana pihak Universitas Udayana menjalankan programnya dengan memberikan pelatihan dasar kepada seluruh guru-guru di sekolah peserta mengenai literasi membaca dengan tema memancing minat baca pada anak dengan cara menyenangkan.

Trending

- Advertisement -
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini